Mengenal Milia, Bintik Putih yang Kerap Timbul di Kulit

Kista milia adalah benjolan kecil berwarna putih atau kuning yang biasanya muncul di hidung, pipi dan umumnya sering muncul di sekitar di kelopak mata bahkan bisa juga terjadi di mana saja. Milia biasanya berukuran 1 hingga 2 milimeter, kista ini sering ditemukan dalam kelompok kista multiple yang disebut milia. Milia terjadi ketika keratin terperangkap di bawah permukaan kulit. Keratin adalah protein kuat yang biasanya ditemukan di jaringan kulit, rambut dan sel kuku. Selain itu, milia juga bisa terjadi pada semua usia atau etnis. Namun, kasus paling umum terjadi pada bayi yang baru lahir.

Baca juga : Manfaat buah naga untuk kecantikan dan kesehatan kulit

Ada beberapa penyebab milia pada orang dewasa, umumnya karena sel kulit mati menumpuk dan terjebak di pori-pori mendekati permukaan kulit. Jika penumpukan tersebut tidak keluar secara alami, maka dapat menjadi kista kecil yang disebut milia primer.Milia primer kerap muncul di area mata. Dr. John Tsagaris, spesialis akupuntur wajah menjelaskan, hal ini terjadi karena skincare yang digunakan tidak terserap den gan baik. “Area sekitar mata tidak mengandung kelenjar minyak yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan memiliki sirkulasi darah yang terbatas,” jelas dr Tsagaris, dikutip dari Harper’s Bazaar UK.

Itulah alasan mengapa produk eyecream memiliki spesifikiasi khusus. Eyecream mampu meningkatkan volume dan kekencangan kulit karena dapat diserap dengan baik. Milia sekunder terjadi karena alasan yang berbeda, yakni ketika sesuatu menyumbat saluran keringat. Biasanya ini disebabkan oleh beberapa jenis trauma atau infeksi kulit seperti perawatan laser, pengelupasan kimia, atau herpes.

Bisa juga karena faktor gaya hidup termasuk kurang tidur, merokok, kebiasaan jorok, juga menggunakan produk kecantikan berbasis minyak berkepanjangan.

Meski berpotensi mengganggu penampilan, namun milia tidak membahayakan. Para pakar menyarankan untuk membiarkannya karena milia dapat hilang dengan sendirinya. Kalaupun ingin treatment untuk menghilangkan, bisa konsultasikan masalah ini dengan dermatologis handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *